PENGUMUMAN: #Pemberitahuan Layanan Perizinan Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif, Sehubungan dengan penyebaran wabah Virus Corona atau Covid-19 (Coronavirus Disease-2019) di Indonesia yang belum mereda bahkan cenderung meningkat dan menindaklanjuti Surat Edaran II Sekretaris Utama BAPETEN Nomor 0549/KP0407/SET/III/2020, tertanggal 16 Maret 2020, tentang Antisipasi Penyebaran Virus Corona (COVID-19) di Lingkungan BAPETEN khususnya dalam pelaksanaan bekerja di rumah atau Work From Home (WFH), dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut: 1. Pelayanan Perizinan Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif tetap dilaksanakan sebagaimana biasa melalui Balis Online 2.0 2. Pelayanan tatap muka dihentikan sementara, namun konsultasi atau sarana tanya jawab tetap dapat dilakukan melalui media lain yaitu email, no kontak langsung 0815 1866 052 (perizinan fasilitas industri), 0818 0818 8610 atau 0812 8044 4801 (perizinan fasilitas kesehatan), 0812 8841 773 (perizinan petugas fasilitas radiasi) dan chat box Balis. 3. Pelaksanaan Pelatihan Penyegaran Industri Tingkat 3 (18-19 Maret 2020) dan Medik Tingkat 2 (7-9 April 2020) yang semula akan diselenggarakan di Jakarta ditunda sampai pemberitahuan kami selanjutnya. Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasama saudara kami ucapkan terma kasih. Direktur Perizinan Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif - ttd – Ishak

Selamat Datang

Perlindungan terhadap keselamatan pekerja, masyarakat, dan lingkungan hidup merupakan salah satu amanat Undang-undang No. 10 tahun 1997 tentang Ketenaganukliran. Dosis yang diterima pekerja radiasi menjadi salah satu indikator tolak ukur terkait keselamatan dalam pemanfaatan dan pengawasan tenaga nuklir di Indonesia. Dalam hal ini Pemegang izin wajib menyediakan peralatan pemantau dosis dan melaksanakan pemantauan dosis pekerja radiasi.

Berdasarkan Peraturan Kepala BAPETEN No. 11 tahun 2015 tentang Laboratorium Dosimetri Eksterna, laboratorium dosimetri merupakan laboratorium yang melakukan evaluasi peralatan pemantau dosis perorangan, pencatatan, dan menyampaikan hasil pemantauan kepada Pemegang Izin dan BAPETEN.

Dalam rangka proses penyampaian hasil evaluasi pemantauan dosis pekerja radiasi kepada Pemegang izin dan BAPETEN, BAPETEN telah membuat aplikasi online yang bernama BaLIS Pendora (Pencatatan dosis pekerja radiasi). BaLIS Pendora memfasilitasi laboratorium dosimetri dalam pembuatan laporan hasil uji (LHU), dan penyampaian pelaporan hasil evaluasi pemantauan dosis pekerja radiasi kepada Pemegang Izin dan BAPETEN. Aplikasi BaLIS Pendora terintegrasi dengan BaLIS Online Perizinan, BaLIS Online Inspeksi, dan Balis Online Pekerja Radiasi.

Login

Badan Pengawas Tenaga Nuklir